twins2010.com

Leverkusen di Ambang Juara Bundesliga, Bisa Kunci Gelar Tanpa Bermain

Xabi Alonso merayakan kelolosan Bayer Leverkusen ke perempat final Liga Europa 2023-2024 setelah menang 3-2 atas Qarabag FK pada leg kedua 16 besar Liga Europa 2023-2024 di BayArena, Jerman, Jumat (15/3/2024) dini hari WIB. (Photo by INA FASSBENDER / AFP)
Lihat Foto

- Bayer Leverkusen hanya butuh dua poin lagi untuk meraih gelar juara Bundesliga pertama di sepanjang sejarah mereka.

Saat ini Leverkusen tengah memimpin klasemen Bundesliga, unggul 16 poin atas Bayern Muenchen dan Stuttgart, yang beriringan di tangga kedua serta tiga dengan poin identik, 60.

Pada musim ini, Leverkusen belum pernah kalah dan hanya kehilangan poin sebanyak empat kali.

Hal tersebut menjadi catatan sejarah baru. Sebab, inilah kali pertama sebuah klub Bundesliga mampu menuju pekan ke-29 tanpa menderita satu pun kekalahan.

Dalam 28 pertandingan Bundesliga 2023-2024, Leverkusen asuhan Xabi Alonso mencatat 24 kemenangan, empat hasil imbang, dan nol kekalahan.

Kemenangan terkini yang diraih Leverkusen atas Union Berlin (1-0) membuat mereka berhasil mengantongi 76 poin dan melanjutkan rekor tak terkalahkan dalam 41 pertandingan di semua ajang.

Baca juga: Leverkusen Vs Fortuna Dusseldorf, Skuad Alonso ke Final, Rekor 40 Laga Tak Kalah

Leverkusen hanya membutuhkan dua poin atau satu kemenangan dari sisa enam pertandingan ke depan untuk meraih gelar juara Bundesliga.

Bahkan, pasukan Alonso dapat memastikan gelar Bundesliga tersebut tanpa bermain, dengan syarat Bayern Muenchen kalah saat melawan FC Koeln pada Sabtu (13/4/2024).

Pada pekan ke-29 nanti, Die Werkself, julukan Leverkusen, akan menjamu Werder Bremen pada Minggu (14/4/2024). Mereka bermain sehari setelah Bayern.

Andai Leverkusen menang, mereka akan dipastikan menjuarai Bundesliga untuk kali pertama dalam sejarah klub, sekaligus menyudahi dominasi Muenchen yang sebelumnya menjadi kampiun 11 musim beruntun sejak 2013.

Baca juga: Leverkusen di Ambang Juara Bundesliga, Paling Cepat Dua Pekan Lagi

Di sisi lain, jarak Bayern Muenchen dari puncak klasemen kian jauh usai mereka dikalahkan 2-3 oleh Heidenheim pada pekan ke-28 Bundesliga.

Walau secara matematis asa Bayern Muenchen menjadi juara masih ada, keajaiban tetap diperlukan oleh pasukan Thomas Tuchel, mengingat Bundesliga tinggal menyisakan enam pekan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat