twins2010.com

Serbet Kontrak Pertama Lionel Messi di Barcelona Terjual Rp 15,4 Miliar

Serbet yang digunakan Barcelona untuk mengontrak Lionel Messi pada 14 Desember 2000 dilelang di rumah lelang Bonhams, London, Inggris, 8-17 Mei 2024. Serbet kontrak Lionel Messi terjual seharga Rp 15,4 miliar.
Lihat Foto

- Serbet yang digunakan Barcelona untuk mengontrak Lionel Messi terjual seharga 762.400 poundsterling atau Rp 15,4 miliar. 

Memorabilia tersebut dilelang di rumah lelang Bonhams di London, Inggris, pada 8-17 Mei 2024, dengan harga awal 333.000 poundsterling atau sekitar Rp 6,7 miliar. 

BBC menuliskan bahwa serbet dilelang atas nama Horacio Gaggioli yang merupakan agen Messi saat kesepakatan dengan Barcelona terjadi. 

Head of Fine Books and Manuscripts di Bonhams New York, Ian Ehling, mengatakan bahwa lelang serbet itu menyita perhatian internasional. 

Baca juga: Serbet Bersejarah Lionel Messi di Barcelona Dilelang Mulai Rp 6 Miliar

"Sejak pertama kali diumumkan, penjualan ini telah menarik perhatian internasional dan para penggemar di seluruh dunia telah menantikan hari ini," ucapnya. 

"Sungguh hasil luar biasa untuk salah satu barang paling mendebarkan yang pernah saya tangani. Ya, itu adalah serbet kertas, tetapi itu serbet terkenal yang ada pada awal karier Lionel Messi," ujar Ian Ehling. 

"Benda itu mengubah kehidupan Messi, masa depan FC Barcelona, dan berperan penting dalam memberikan momen-momen paling gemilang dalam sepak bola kepada miliaran penggemar di seluruh dunia," imbuhnya. 

Serbet itu ditandatangani dengan tinta biru pada 14 Desember 2000 di Reial Societat de Tennis Pompeia di Montjuic, Spanyol. 

Baca juga: Ronaldo Atlet dengan Bayaran Tertinggi, Ada di Atas Lionel Messi

Direktur olahraga Barcelona kala itu, Carles Rexach, mengadakan pertemuan setelah menerima telepon dari ayah Messi, Jorge Messi, yang meragukan komitmen klub. 

Selain Rexach, serbet juga ditandatangani Horacio Gaggioli dan Josep Minguela yang merupakan penasihat transfer klub Liga Spanyol. 

"Di Barcelona, pada tanggal 14 Desember 2000 dan dihadiri oleh Minguella dan Horacio, Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, dengan ini setuju, di bawah tanggung jawabnya dan terlepas dari perbedaan pendapat, untuk mengontrak Lionel Messi, dengan syarat kami tetap pada jumlah yang telah disepakati," demikian bunyi perjanjian kontrak di serbet itu. 

Sebulan setelah pertemuan itu, Messi bergabung dengan Barcelona dan melakoni debutnya pada usia 16 tahun. 

Messi menjadi top skor sepanjang masa Barcelona dengan 672 gol dalam 778 pertandingan bersama klub berjuluk Blaugrana itu.   

Pemain beralias La Pulga itu juga emenangi 35 trofi bersama Barcelona, termasuk 10 gelar LaLiga, 4 trofi Liga Champions, dan 3 Piala Dunia Klub.  

Ia kemudian pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) pada Agustus 2021 dan kini bermain di klub Major League Soccer (MLS) Inter Miami. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat