twins2010.com

Persib Juara Liga 1 2023-2024: Konsep Hasil Akhir ala Bojan Hodak

Bojan Hodak tercatat sebagai pelatih asing pertama yang bisa membawa Persib juara Liga Indonesia. Hodak sukses membawa Persib menangi duel melawan Madura United di final Championship Series Liga 1 2023-2024.
Lihat Foto

- Persib menjuarai Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United dengan agregat skor 6-1.

Persib menang 3-0 pada leg pertama final Championship Series Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, lalu disusul dengan keberhasilan mereka melibas Madura United 3-1 pada jumpa kedua yang di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Minggu (31/5/2024). 

Pelatih Persib, Bojan Hodak, menilai timnya layak menjadi juara Liga 1 2023-2024. Pandangan itu dilandaskan kepada kiprah Persib selama fase Championship Series Liga 1.

Catatan Maung Bandung nyaris sempurna dengan hanya tertahan imbang sekali dan mampu memenangkan tiga laga beruntun di fase Championship Series. 

Setelah berbagi skor sama kuat 1-1 dengan Bali United pada leg pertama semifinal Championship Series, Persib tak terbendung.

Maung Bandung membekuk Bali United 3-0 pada pertemuan kedua semifinal. Tren impresif itu berlanjut dengan kemenangan back-to-back atas Madura United di final. 

Baca juga: Persib Juara Liga 1 2023-2024: Maung Bandung Superior, Transisi Luar Biasa

“Tentu saja juara ini tidak mudah, tapi saya rasa kami layak juara. Pada empat pertandingan terakhir, kami menang tiga kali, jadi saya rasa kami pantas. Kami adalah yang terbaik dari empat tim yang lolos ke semifinal,” ucap Hodak. 

Pada awal kedatangan di Persib, Bojan Hodak yang bertugas menggantikan posisi Luis Milla, mengaku sulit mencerna situasi.

Sebab, kala itu Persib dengan materi pemain mumpuni, sempat berada di zona degradasi. 

Namun, Persib berproses bersama Hodak dan mulai mengalami perbaikan performa.

Akhirnya, Maung Bandung bisa berada di level terbaik pada momen yang paling penting, yakni pada pekan-pekan akhir Liga 1 2023-2024 dan fase Championship Series. 

“Ketika saya datang, tim ada di papan bawah klasemen dan saya juga tidak mengerti kenapa. Mungkin ada masalah,” kata Hodak. 

“Tetapi pada akhirnya setelah beberapa laga kami bisa mulai membaik dan kami berada di level terbaik pada momen yang paling penting,” ujarnya. 

Baca juga: BERITA FOTO: Persib Juara Liga 1 2023-2024, Akhir 10 Tahun Penantian

Hodak pun memberikan kredit buat semua pasukannya, meski David da Silva tampak menonjol dengan keberhasilan meraih gelar top skor Liga 1 2023-2024 dan Ciro Alves tampil konsisten di sepanjang musim. 

Bagi Hodak, setiap personel Persib layak disebut pemain terbaik. 

“Saya rasa semua pemain, saya rasa mereka bisa menjadi top skor, pemain terbaik, dan kiper terbaik. Semua pantas jadi yang terbaik,” ujarnya. 

Hodak pun mengaku dirinya tak akan mungkin dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 2023-2024 dan membawa Persib juara jika tanpa kepercayaan dari pemain.

Ia mengungkapkan sebuah kata-kata penting dalam sepak bola. Apa pun prosesnya, yang terpenting adalah hasil akhir.

“Pada akhirnya kami juara, itu hal yang terpenting di sepak bola, terpenting adalah hasil,” kata Hodak yang menyudahi penantian 10 tahun Persib untuk merasakan kembali nikmat juara Liga Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat