twins2010.com

Liga 1 2023-2024 Terbantu Format Baru, PR Selaraskan Jadwal dengan Timnas

Manajer Umuh Muchtar, David da Silva dan pemain lainnya foto bersama trofi juara Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United di final leg kedua yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Persib berhasil meraih juara dengan agregat 6-1.
Lihat Foto

PT Liga Indonesia Baru telah melakukan evaluasi terhadap pergelaran Liga 1 2023-2024.

Menurut Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, kompetisi musim ini diselenggarakan lebih bagus daripada edisi sebelumnya. 

Ferry Paulus meyakini itu, meskipun masih ditemukan masalah, salah satunya terkait perizinan yang membuat kompetisi sedikit molor akibat penundaan beberapa laga.

“Pasti lebih bagus dalam proses penyelenggaraan mulai dari proses perizinan kemudian deviasi perubahan jadwal tayang itu relatif kecil."

"Dulu kalau kita ingat ke belakang bisa sampai 60 persen, kemarin enggak sampai 10 persen daripada revisi-revisi perubahan jadwal,” tutur Ferry Paulus.

“Ini yang mungkin ke depan kita mau lebih perbaiki lagi supaya penyelenggaraannya juga bisa lebih bagus dibandingkan yang sudah berjalan ini,” katanya menambahkan.

Baca juga: Regulasi Baru soal Kuota Pemain Asing Liga 1 Musim Depan

Seperti diketahui. Liga 1 2023-2024 menggunakan format Regular Series dan Championship Series.

Kemasan kompetisi semacam itu dinilai memberi efek positif dari sisi komersial. Karena itu, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim selanjutnya, Liga 1 2024-2025, disebut akan tetap digelar dengan format serupa.

Liga 1 2024-2025 rencananya akan mulai digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024 mendatang.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus./SUCI RAHAYU Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Ferry Paulus.
“Pasti kayak begini format Liga 1 karena memang dari sisi komersial kami banyak kebantu. Artinya kalau komersialnya lebih besar, ada tambahan insentif dan kontribusi yang akan meningkat. Harapannya tahun depan juga pasti meningkat,” ujar Ferry Paulus.

Baca juga: PSSI Harap Polisi Bertindak Tegas Menyusul Aksi Pelemparan Batu ke Suporter Persib

Sementara itu, terkait penyelarasan jadwal kompetisi dengan agenda timnas Indonesia agar tidak bertabrakan, Ferry mengatakan sudah punya rancangannya. Konsep itu akan masuk tahap finalisasi dalam minggu ini bersama dengan PSSI.

Penyelerasaan jadwal dengan agenda timnas Indonesia memang menjadi salah satu pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan.

Pada musim 2023-2024, Liga 1 sempat secara tiba-tiba dihentikan untuk mendukung kepentingan timnas Indonesia di ajang Piala Asia U23 2024.

Namun, kebijakan itu kemudian direvisi sehingga Liga 1 2023-2024 tak jadi lama tertunda. 

Ketidakpastian semacam ini yang ingin dihindari pada penyelenggaraan Liga 1 2024-2025, mengingat timnas Indonesia juga punya komitmen terjun di ajang Piala AFF atau ASEAN Championship 2004 pada 23 November sampai 21 Desember.

"Seperti yang diinginkan sama Ketua Umum (PSSI), kami sudah bagikan juga, tinggal finalisasi duduk sama-sama, AFF-nya mau istirahat kah? Atau memang ada target lain dari PSSI sehingga kami bisa merancang jadwal itu betul-betul tidak lagi seperti kemarin," tutur mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta itu. 

"Itu komitmennya ketua umum memberikan direktif ke liga supaya kompetisi itu benar-benar bisa lebih tertata rapi tidak seperti kemarin," ujar Ferry Paulus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat