twins2010.com

Ramai Pemain Liga 1 Serukan Kampanye "Ini Sepak Bola Indonesia?"

Penjaga gawang Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa saat laga pekan ke-26 Liga 1 2023-2024 melawan Arema FC yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin (26/2/2024) sore.
Lihat Foto

- Pesepak bola Indonesia ramai-ramai mengunggah gambar tanda tanya berwarna abu-abu dan berlatar hitam dengan tulisan "Ini Sepak Bola Indonesia?". 

Andritany Ardhiyasa, Bagas Kaffa, hingga Septian David Maulana merupakan pemain yang turut menyuarakan kampanye tersebut.

Mereka mengunggah gambar itu dengan menambahkan keterangan yang berbunyi "Pertanyaan untuk kita semua, apakah ini kompetisi sepak bola Indonesia?". 

Unggahan itu disebut terkait dengan rencana penggunaan delapan pemain asing di Liga 1 musim depan. 

Baca juga: David da Silva, Pemain Tersubur Era Liga 1 Indonesia

Hal tersebut dikuatkan dengan unggahan kapten Borneo FC, Diego Michiels. Ia juga mengunggah foto yang sama, tetapi dengan keterangan yang berbeda. 

Diego Michiels justru tampak setuju dengan penerapan regulasi delapan pemain asing di Liga 1. Alasannya untuk meningkatkan kualitas pemain dan liga. 

"Mohon maaf kawan-kawan di Liga 1 semua, tapi saya setuju kalau ditambah kuota pemain asing," tulis Diego. 

"Demi kualitas liga naik, demi kualitas di latihan naik, demi kualitas diri sendiri naik, demi mental naik FC." 

Baca juga: Persebaya Panaskan Bursa Transfer Sembari Nunggu Regulasi Resmi Liga 1 Musim Depan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Diego Michiels (@diegomichiels24)

Kampanye "IniSepakbolaIndonesia?" memunculkan beragam reaksi dari warganet. Ada yang pro dan kontra soal rencana Liga 1 tersebut. 

Akun dengan username prammm1212127 satu suara dengan Diego Michiels. Menurutnya, klub harus mencari pemain asing yang berkualitas agar pemain lokal bisa belajar. 

"Benar sih, setuju. Ambil baiknya. Cari pemain asing berkualitas. Jadi, yang lokal bisa menimba ilmu sama mereka," tulis akun tersebut. 

Sementara, warganet yang kontra menilai masih banyak yang berpikir pemain asing lebih bagus, sehingga membuat pemain lokal dipandang sebelah mata dan dianggap tidak mampu. 

Baca juga: Persiapan Liga 1, Malut United Hadirkan Amunisi Baru

"Hampir semua mindset dan mata lebih tertarik kepada pemain asing daripada lokal. Karena begitu, pemain lokal yang dipandang sebelah mata, pastinya pemain lokal selalu dianggap tidak mampu," tulis akun syekherepbg. 

"Meskipun aslinya pemain lokal udah banyak yang bagus, menurutku memang lebih bijak tidak usah menambah kuota pemain asing. Bukannya pemain lokal takut bersaing, saya yakin pemain lokal hebat-hebat." 

"Cuma begitu kebanyakan orang punya mindset bahwa pemain asing lebih baik daripada pemain lokal." 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat