twins2010.com

Pelatih Persib Bicara soal Tambahan Kuota Pemain Asing Liga 1

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak dalam sesi konferensi pers jelang final Championship Series Liga 1 2023-2024. Duel leg pertama final Persib Bandung vs Madura United digelar Minggu (26/5/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.
Lihat Foto

- Pesepak bola Indonesia ramai-ramai mengampanyekan ‘Ini Sepak Bola Indonesia?’ per Jumat (7/6/2024) malam via media sosial. 

Hal ini disebut berkaitan dengan rencana penambahan kuota pemain asing Liga 1 mulai musim 2024-2025. 

Pada Liga 1 2024-2025, satu klub bisa mengontrak total delapan pemain asing. Komposisinya adalah enam pemain asing dari negara mana saja dan dua pemain asing asal Asia (regulasi 6+2). 

Namun, regulasi mengatur hanya 5+1 pemain asing yang boleh bermain di lapangan.

Jika ingin memainkan pemain asing lain dari bangku cadangan, maka sosok yang ditarik keluar harus pula pemain asal mancanegara. 

Baca juga: Ramai Pemain Liga 1 Serukan Kampanye Ini Sepak Bola Indonesia?

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, coba mengambil poin positif dari penambahan kuota pemain asing Liga 1 2024-2025. 

Walaupun, di sisi lain, Hodak pun menyadari akan semakin sulit bagi pemain lokal untuk masuk ke skuad inti. 

“Ya ada dua pemain asing baru yang mana itu akan membawa tambahan kualitas,” ujar Hodak. 

“Jadi jika mendatangkan pemain asing baru yang bagus tentu ini akan jadi lebih sulit bagi pemain lokal untuk masuk skuad utama,” papar Hodak. 

Baca juga: Persib Juara, Ada Pemain yang Tak Ikut Rasakan Gelar

Pemain Persib Bandung Alberto Rodríguez Martin, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers foto bersama trofi juara Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United di final leg kedua yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Atas kemenangan ini Persib berhasil meraih juara dengan agregat 6-1.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Persib Bandung Alberto Rodríguez Martin, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers foto bersama trofi juara Championship Series Liga 1 2023-2024 usai mengalahkan Madura United di final leg kedua yang berakhir dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam. Atas kemenangan ini Persib berhasil meraih juara dengan agregat 6-1.

Kebijakan baru ini diharapkan Hodak bisa memacu para pemain lokal untuk menunjukkan level lebih baik demi mendapat tempat di susunan starter. 

Andai pemain lokal bisa bersaing, dampak positif diyakini Hodak akan dirasakan timnas Indonesia.

Pelatih asal Kroasia ini juga menilai Liga Indonesia akan menjadi lebih kuat dan berkualitas dengan tambahan pemain mancanegara. 

Baca juga: Henhen Herdiana dan Panggilan Baru Usai Bawa Persib Juara

“Tapi di waktu yang bersamaan, ini menambah kualitas dari liga. Jadi pemain lokal harus bisa lebih bagus untuk menjadi 11 pemain pertama,” tuturnya. 

“Artinya mereka juga akan meningkatkan standarnya. Tentu ini juga akan bagus untuk tim nasional, jadi bagi saya liga ini akan lebih kuat yang mana ini bagus,” kata dia. 

Sebelumnya, Liga Indonesia pernah menetapkan regulasi empat pemain asing dengan format 3+1.

Aturan itu kemudian bertambah menjadi 5+1 pada Liga 1 2023-2024 silam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat