twins2010.com

Italia Menuju Euro 2024 dengan Playmaker Dobel, Sutradara Nomor 21

Timnas Italia berpose jelang turun dalam laga uji coba kontra Bosnia-Herzegovina di Stadion Carlo Castellani, Empoli, 9 Juni 2024. (Photo by Isabella BONOTTO / AFP)
Lihat Foto

- Timnas Italia memasang duo playmaker sekaligus kala mengalahkan Bosnia-Herzegovina. Nicolo Fagioli tampil dengan nomor 21 yang pernah dipakai Andrea Pirlo.

Duel uji coba antara Italia vs Bosnia-Herzegovina di Stadion Carlo Castellani, Empoli, pada Minggu (9/6/2024) atau Senin (10/6/2024) dini hari WIB, berakhir dengan skor 1-0.

Italia asuhan Luciano Spalletti menang berkat gol semata wayang Davide Frattesi pada menit ke-38.

Dalam laga kontra Bosnia-Herzegovina, Spalletti membuat perubahan strategi. Ia menanggalkan skema empat bek, 4-2-3-1, yang dipakainya dalam duel ekshibisi kontra Turkiye (0-0) beberapa hari lalu.

Spalletti beralih ke pakem 3-4-2-1 untuk meladeni Bosnia-Herzegovina. Pelatih asal Certaldo itu memainkan dua playmaker sekaligus, yakni Jorginho dan Nicolo Fagioli.

Baca juga: Hasil Italia Vs Bosnia-Herzegovina, Gol Frattesi Bawa Azzurri Menang

Keputusan Spalletti untuk memainkan playmaker dobel ini dibuat agar Italia nyaman memegang kendali bola.

“Mereka menjalankannya dengan sangat baik karena mereka memiliki kemampuan apik untuk mengalirkan bola di ruang sempit dan menyiapkan pergerakan,” kata Spalletti kepada Sky Sport Italia.

Jorginho dan Fagioli, yang dipanggil tak lama usai menuntaskan skors larangan bermain karena kasus judi ilegal, diapit oleh dua bek sayap Raoul Bellanova serta Andrea Cambiaso dalam skema 3-4-2-1 Italia.

Duet Jorginho dan Fagioli persis berada di belakang Davide Frattesi-Federico Chiesa yang bertugas menyokong ujung tombak Gianluca Scamacca.

Keberadaan dua sutradara permainan di lini tengah memungkinkan Italia membuat sejumlah rantai operan taktis dalam duel melawan Bosnia-Herzegovina.

Perpindahan bola yang cair dan menjadi dominan dalam penguasaan bola adalah hal yang senantiasa jadi tuntutan Spalletti.

Baca juga: Nomor Keramat Timnas Italia Kembali ke Putra Roma, Restu dari Totti

Pelatih yang mengantar Napoli menjuarai Liga Italia 2022-2023 tersebut merasa pasukannya masih bisa meningkatkan level performa sebelum terjun di ajang Euro 2024

“Apa yang bisa kami lakukan adalah menekan lawan lebih banyak, karena kadang-kadang kami memberi mereka terlalu banyak ruang dan merasa puas dengan mundur 10 meter, menyerahkan bola kepada mereka,” kata Spalletti menambahkan.

Publik Italia pun kini bisa kembali melihat seorang pemain bernomor punggung 21 bertugas sebagai sutradara permainan.

Ya, Fagioli yang merupakan pemain muda terbaik Serie A 2022-2023, mengenakan nomor punggung 21 di timnas Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat