twins2010.com

Timnas Indonesia Vs Filipina, Peran Kiper Persib untuk The Azkals

Kevin Ray Mendoza salah satu penjaga gawang Persib Bandung yang turut membantu tim melaju ke final Championship Series Liga 1 2023-2024.
Lihat Foto

- Persib, tim juara Liga 1 2023-2024, tak menyumbang satu pemain pun untuk timnas Indonesia yang berlaga pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Juni ini. 

Usai angkat piala juara Championship Series Liga 1 2023-2024 pada 31 Mei 2024 silam, Persib hanya melepas satu pemain ke tim nasional.

Figur yang dimaksud adalah penjaga gawang Maung Bandung, Kevin Ray Mendoza, yang akan memperkuat timnas Filipina, lawan Indonesia pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Zona Asia. 

Jadwal Indonesia vs Filipina menunjukkan waktu sepak mula pukul 19.30 WIB di di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024). 

Kans Kevin Mendoza tampil melawan Indonesia terbilang kecil. Ia adalah kiper kedua bagi The Azkals, julukan timnas Filipina. 

Baca juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Filipina

Di depan Kevin Ray Mendoza, ada nama Neil Etheridge, kiper Filipina yang memperkuat klub Divisi Championship Inggris, Birmingham City. 

Mendoza sama sekali belum mendapatkan kesempatan bermain dalam lima pertandingan timnas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mendoza juga memprediksi dirinya tetap akan menjadi pelapis Etheridge dalam laga melawan timnas Indonesia. 

Ia akan menghormati segala keputusan pelatih soal penentuan siapa kiper yang akan menjadi starter. 

Baca juga: Siaran Langsung dan Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Filipina

“Saya rasa masih sama menjadi kiper kedua karena Neil Etheridge dari Birmingham, tentunya dia yang menjadi pilihan utama karena berasal dari Liga Inggris,” tutur Mendoza.

Bagi kiper Persib keturunan Denmark ini, terasa sulit untuk menggeser Etheridge yang dibekali dengan segudang pengalaman main di Liga Inggris. 

Namun ia tetap senang dan saling mendukung, siapa pun kiper yang akan diturunkan untuk bela negara.

“Jadi sulit, tapi saya tetap senang karena saya bergabung dengan tim nasional,” kata Kevin Ray Mendoza. 

Mendoza mengaku kini sudah banyak mengetahui timnas Indonesia yang dijejali pemain keturunan. 

Baca juga: Hadapi Filipina di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Jaga Optimisme dan Kebugaran Tubuh

Namun, Kevin tak akan bisa bertemu dengan rekan setim di Persib, yakni Marc Klok, Edo Febriansah, atau Rachmat Irianto yang biasanya menjadi pemain langganan timnas Indonesia. 

“Ya itu benar (tahu lebih banyak pemain timnas Indonesia) saya bermain bersama Marc (Klok), saya banyak berbicara dengan dia. Saya juga banyak bicara dengan pemain lain di Indonesia,” ungkapnya. 

Setelah pindah dari Kuala Lumpur City FC ke Persib Bandung per November 2023, Mendoza telah memainkan 14 pertandingan di Liga 1 2023-2024.

Ia jadi kiper utama Persib dan disebut-sebut sebagai rekrutan terbaik Maung Bandung di era Bojan Hodak.

Kevin Ray Mendoza menjadi warna baru di pertahanan Maung Bandung dengan atributnya sebagai sweeper-goalkeeper.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat