twins2010.com

Kiper Persib Kembali Tampil untuk Timnas Filipina, Akui Tangguhnya Indonesia

Penjaga gawang Persib Bandung Kevin Ray Mendoza saat bermain untuk negaranya Filipina menghadapi Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.
Lihat Foto

JAKARTA, - Penjaga gawang Persib Bandung Kevin Ray Mendoza akhirnya tampil kembali bermain untuk Timnas Filipina saat menghadapi Indonesia. Terakhir kali ia bermain pada tahun 2022 di ajang Piala AFF.

Namun, Mendoza dkk harus mengakui kekalahan dari Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Mendoza harus memungut bola dua kali dalam gawangnya. 

Hasil Indonesia vs Filipina berakhir dengan skor 2-0, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, gol diciptakan Thom Haye menit 32 dan Rizky Ridho menit 56. 

Walau negaranya takluk, ini menjadi sebuah langkah yang besar bagi Mendoza dapat kepercayaan dari pelatih Tom Saintfiet.

Sudah lama ia tak mendapatkan menit bermain di timnas karena harus bersaing dengan Neil Etheridge. 

Baca juga: Timnas Indonesia, Satu-satunya Negara Asia Tenggara di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

“Ini menjadi langkah besar bagi saya, apalagi ini adalah pertandingan penting, kami menyayangkan hasilnya, tapi kami bermain dengan baik, apalagi di awal babak pertama,” kata Mendoza. 

Neil Etheridge adalah penjaga gawang senior yang merumput di klub Divisi Championship Inggris Birmingham City FC. 

Mendoza mengakui kapasitas dari seniornya yang lebih punya pengalaman dan layak menjadi kiper nomor satu di The Azkals—julukan Timnas Filipina. 

“Ya, ini adalah kompetisi yang sulit (dengan Etheridge), dia bermain di Inggris dan banyak kiper lain yang bermain bagus. Saya bersyukur saya dapat kesempatan bermain,” tutur Mendoza. 

Baca juga: Segala Hal Soal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Duel Udara di pertahanan Timnas Filipina, Jay Idzes (putih) berduel dengan penjaga gawang Kevin Ray Mendoza serta terlibat Adrian Ugelvik dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. /ADIL NURSALAM Duel Udara di pertahanan Timnas Filipina, Jay Idzes (putih) berduel dengan penjaga gawang Kevin Ray Mendoza serta terlibat Adrian Ugelvik dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Atmosfer bagus diciptakan pendukung Indonesia di Gelora Bung Karno Jakarta. Beberapa kali Mendoza mendapatkan cemoohan sorakan dari fans Garuda. 

Ia menyadari bahwa dirinya kali ini menjadi lawan bagi tim tuan rumah, namun Mendoza merasa atmosfer tersebut tidak berbeda jauh dengan Bandung. 

Kiper keturunan Denmark itu sudah terbiasa bermain dengan penonton penuh di dalam satu stadion karena berbaju Persib Bandung yang punya fanatisme yang tinggi. 

“Ya saya merasakan hal yang sama, atmosfer di sini (GBK) sama seperti di Bandung. Penggemar sepak bola indonesia memang selalu luar biasa,” sebutnya. 

“Saya percaya diri menghadapi mereka, karena terbiasa dengan atmosfer pertandingan seperti ini (di Bandung),” tuturnya. 

Baca juga: BERITA FOTO: Timnas Indonesia Bekuk Filipina, Terbang Tinggi ke Putaran Ketiga

Walau berkarier di Indonesia dan meraih titel juara Liga 1 2023-2024 dengan Persib Bandung, Mendoza menjumpai banyak wajah baru dan asing ia lihat.

Kualitas pemain Timnas Indonesia diakui jempolan, satu-satunya tim Asia Tenggara yang telah memastikan tiket putaran final Piala Asia 2027, berkat kelolosannya ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

“Ya mereka punya pemain bagus, saya tidak kenal dengan mereka di lapangan, banyak wajah baru yang saya tidak lihat sebelumnya dan banyak pemain asal Belanda,” tuturnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat