twins2010.com

Indonesia Vs Vietnam, Alasan Garuda Sempat Kesulitan Bobol Lawan

Pemain Timnas U16 Indonesia Fabio Azka Irawan berduel dengan pemain Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.
Lihat Foto

SOLO, - Pelatih timnas U16 Indonesia, Nova Arianto, mengakui pertandingan melawan Vietnam dalam laga perebutan peringkat ketiga Piala AFF U16 2024 cukup sulit.

Laga timnas U16 Indonesia vs Vietnam berlangsung di Stadion Manahan, Surakarta, pada Rabu (3/7/2024), pukul 15.00 WIB.

Tim Garuda hingga menit ke-40 tak bisa mencetak gol karena ada sejumlah faktor yang memengaruhi performa.

Nova menyebut di antaranya dari masa recovery. Pemain hanya menjalani jeda satu hari setelah laga semifinal melawan Australia.

Indonesia takluk dari Australia dengan skor 3-5 pada Senin (1/7/2024) sehingga pemain Indonesia tidak bisa bermain secara maksimal.

Baca juga: Pelatih Vietnam Usai Dilibas Timnas Indonesia: Pemain Kami Buat Kesalahan Konyol

"Kita bisa melihat awal-awal kondisi pemain sangat berat. Namun, sekali lagi saya bersyukur pemain bisa melakukan yang terbaik sesuai dengan apa yang kami persiapkan di latihan," kata Nova Arianto setelah laga, Rabu (3/7/2024).

Timnas U16 Indonesia berhasil membuka keunggulan 1-0 atas Vietnam seusai Muhammad Zahaby Gholy mengemas gol pada menit ke-45.

Tak lama kemudian, gol Garuda disusul Dafa Zaidan pada menit ke-45+3.

Pada babak kedua, Indonesia kembali membukukan gol melalui Daniel Alfrido pada menit ke-76, dilanjut gol Gholy pada menit ke-78.

Kemenangan Indonesia ditutup gol Daniel Alfrido ke-81 yang memastikan timnas U16 Indonesia meraih kemenangan 5-0 atas Vietnam.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Vietnam 5-0, Garuda Raih Peringkat 3 Usai Pesta Gol

"Saya bersyukur sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih. Pemain bekerja sangat luar biasa hari ini sehingga bisa meraih kemenangan di pertandingan hari ini," katanya.

Nova menambahkan, di awal, memang Indonesia bermain sedikit menunggu karena Nova melihat secara taktik, Vietnam punya keunggulan di kecepatan pemain.

"Kami menunggu di daerah kami sendiri. Kami terapkan counter. Memang di awal kami kurang maksimal, tetapi bersyukur setelah cooling break dan pergantian pemain, hasilnya bisa maksimal sampai pertandingan selesai," ujarnya.

Kendati demikian, Nova Arianto menekankan euforia kemenangan tidak perlu dilaksanakan secara berlebihan.

"Namun, saya selalu berpesan agar euforia tidak terlalu berlebihan. Karena sekali lagi tujuan mereka ini adalah ke depannya adalah timnas senior dan itu masih panjang, jangan sampai cepat berpuas diri dengan hasil ini," ucapnya.

"Sekali lagi saya bersyukur pemain bisa melakukan yang terbaik. Bekerja sesuai dengan apa yang kami persiapkan di latihan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat