twins2010.com

Indonesia Vs Vietnam 5-0: Apresiasi untuk Semangat dan Daya Juang Garuda

Pelatih Timnas U16 Indonesia Nova Arianto saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.
Lihat Foto

- Pelatih timnas Indonesia Nova Arianto menilai Piala AFF U16 2024 yang diikuti ini sangat bermanfaat.

Timnas U16 Indonesia mampu meraih tempat ketiga seusai mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 5-0 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

Nova menilai, tujuan besar di balik keikutsertaan pemain muda ini ialah untuk mempersiapkan timnas dengan daya juang dan mental yang bagus.

Perlahan, hal itu terbukti pada dua laga terakhir yang telah dijalani.

Meskipun mental terganggu karena kekalahan dari Australia di semifinal, ia melihat banyak hal positif dari daya juang dan semangat pemain yang luar biasa.

Dengan bermain 10 pemain, tertinggal banyak gol, tetapi pemain Indonesia berusaha terus memberikan perlawanan dan masih dapat mencetak gol.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Australia 3-5: Berjuang 10 Pemain, Garuda Beri Perlawanan di Semifinal

Pemain Timnas U16 Indonesia Evandra Florasta ditempel ketat pemain Australia Jay Noah Maltz saat laga semifinal Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Timnas U16 Indonesia Evandra Florasta ditempel ketat pemain Australia Jay Noah Maltz saat laga semifinal Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam.

"Kalau melihat selama jalannya turnamen saat ini, kondisi sangat baik dan saya bersyukur secara mental, secara daya juang, pemain semangat luar biasa," ujar pelatih yang juga asisten pelatih Shin Tae-yong di timnas Indonesia senior itu.

Kemudian, pada laga perebuatan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 ini, pemain tidak dalam kondisi bugar 100 persen.

Sebab, pemain harus berpacu dengan rasa lelah karena terbatasnya masa recovery setelah menjalani laga berat sebelumnya. Namun, pemain tetap bekerja keras dan meraih kemenangan telak.

"Memang enggak maksimal di awal, tetapi ketika cooling break semua berubah. Kami melakukan pergantian pemain dan hasilnya maksimal hingga babak kedua selesai," ucapnya.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Vietnam 5-0, Garuda Raih Peringkat 3 Usai Pesta Gol

Menurut Nova Arianto, pembentukan timnas U16 Indonesia ini bukan hanya dipersiapkan untuk Piala AFF atau kualifikasi Piala Asia saja, tetapi untuk mempersiapkan pemain timnas ke depannya.

"Sebenarnya, di timnas dengan daya juang dan mental seperti ini adalah modal awal yang bisa dibawa sampai timnas senior," ucap pelatih berusia 44 tahun itu.

"Kalau masalah skill dan masalah individu masih bisa kami perbaiki. Namun, kalau pemain punya mental kuat dan bertarung di lapangan, itu yang saya cari dan harapannya bisa nanti sampai timnas senior," ucapnya.

Pemain Timnas U16 Indonesia selebrasi usai menjebol gawang Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Timnas U16 Indonesia selebrasi usai menjebol gawang Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

"Sekali lagi saya bersyukur dengan pemain ini sangat pintar, dalam arti menjalani taktik yang saya inginkan. Dalam memahami permainan yang saya inginkan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat