twins2010.com

Nova Arianto Ingat Kata STY, Catatan untuk Timnas U16 Indonesia

Pelatih Timnas U16 Indonesia Nova Arianto saat menyapa suporter usai menjalani laga semifinal Piala AFF U16 2024 melawan Australia yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam.
Lihat Foto

- Nova Arianto menjadi salah satu pelatih yang paling sibuk menjalani tugas bersama timnas Indonesia pada 2024 ini.

Selain menjadi asisten Shin Tae-yong di level senior, ia juga bertugas sebagai pelatih kepala timnas U16 Indonesia.

Ia pun harus bijak dalam menentukan ekspektasi terhadap pemain. Nova Arianto tidak bisa memaksa pemain di timnas U16 bermain seperti para seniornya, yang kualitas dan mentalnya jauh lebih matang.

"Ya pastinya beda, karena saat bertugas di timnas senior. Kami tidak bisa menyamakan standar pemain. Misalnya saat saya terbiasa melihat Rizky Ridho dan Jay Idzes, saya tidak bisa menyamakannya dengan para pemain timnas U16 Indonesia agar bisa menjadi seperti Ridho atau Jay," tutur Nova Arianto.

Baca juga: Timnas U16 Punya Target Jangka Panjang

Menurutnya, tugas utama sebagai pelatih timnas kelompok umur adalah membentuk pemain agar memiliki cukup kualitas untuk naik kelas ke timnas Indonesia senior pada lima atau enam tahun mendatang. 

"Membentuk ya dari melatih kualitas passing, individual defence, bagaimana membaca permainan, itu yang harus kami perbaiki. Sehingga ke depannya para pemain timnas U16 bisa menjadi pemain timnas senior di masa mendatang," ujarnya lagi.

Nova Arianto berharap pemain timnas U16 Indonesia era Muhamad Zahaby Gholy dkk ini bisa terus bertumbuh dan bisa meningkatkan performa sampai mereka di usia senior. 

"Agar ke depannya bisa jadi catatan bagi pemain. Ya tujuannya bisa lolos menembus tim senior," katanya.

Pemain Timnas U16 Indonesia selebrasi usai menjebol gawang Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pemain Timnas U16 Indonesia selebrasi usai menjebol gawang Vietnam saat laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

Timnas U16 asuhan Nova Arianto mengakhir perjalanan di ajang Piala AFF U16 2024 dengan menempati tempat ketiga.

Dalam laga perebutan ketiga Piala AFF U16 2024, pasukan Nova Arianto menang telak 5-0 atas Vietnam.

Selama Piala AFF U16 2024 lalu, Nova Arianto mengaku tetap berkomunikasi dengan Shin tae-yong yang menjadi mentornya selama bekerja bersama timnas senior Indonesia.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam 5-0: Apresiasi untuk Semangat dan Daya Juang Garuda

"Yang selalu diingatkan coach Shin Tae-yong saat berbicara lewat Jeje (sapaan akrab Jeong Seok-seo, penerjemah timnas Indonesia) masalah mental. Masalah mental para pemain muda ini kan masih labil," ujar Nova Arianto.

"Di tim saya saat ini yang masih terjadi roller coaster. Kadang-kadang bisa bagus, kadang-kadang bisa kurang," tutur Nova menambahkan.

Pelatih Nova Arianto menyaksikan pemain Timnas U16 Indonesia saat laga semifinal Piala AFF U16 2024 melawan Australia yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pelatih Nova Arianto menyaksikan pemain Timnas U16 Indonesia saat laga semifinal Piala AFF U16 2024 melawan Australia yang berakhir dengan skor 3-5 di Stadion Manahan Solo, Senin (1/7/2024) malam.
Nova Arianto mengatakan kunci dari kelancarannya menjalani dua pekerjaan di timnas kelompok umur dan level senior adalah komunikasi dengan Shin Tae-yong.

Pada bulan September-Oktober 2024 mendatang, Nova bersiap menatap agenda penting bersama timnas Indonesia senior.

Kala itu, skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong dihadapkan dengan dua laga melawan Arab Saudi dan Australia pada babak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Selain itu, Nova Arianto juga punya kewajiban memimpin timnas U16 Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia U17 2025 yang akan diputar pada Oktober 2024.

"Kalau di September jadwalnya tidak akan bentrok, karena timnas U16 hanya akan menggelar TC (training camp)."

"Tapi di Oktober, akan menghadapi babak kualifikasi. Itu yang coba dikomunikasikan dan dirumuskan dengan coach Shin Tae-yong, termasuk pak Ketum (PSSI)," tuturnya menutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat