twins2010.com

Jan Vertonghen Pensiun dari Timnas Belgia

Jan Vertonghen akan berhadapan dengan mantan klub yang telah membesarkan namanya, Ajax Amsterdam, pada pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champions, Selasa (30/4/2019)
Lihat Foto

- Jan Vertonghen memutuskan pensiun dari timnas Belgia

Eks bek Tottenham Hotspur tersebut mengakhiri kariernya di timnas Belgia dengan rekor spesial sebagai pemain yang paling banyak memperkuat timnas dengan catatan 157 penampilan sejak Juni 2007.

Pemain bertahan yang kini berumur 37 tahun itu memilih pensiun seusai mencetak gol bunuh diri saat Belgia kalah 0-1 dari Prancis dalam babak 16 besar Piala Eropa 2024 di Jerman.

Vertonghen unggul 38 laga dari Romelu Lukaku yang telah 119 kali memperkuat Belgia.

Pensiunnya Vertonghen menjadikan Lukaku sebagai pemain yang masih aktif dengan jumlah caps terbanyak untuk timnas Belgia.

"Yang pertama, yang terakhir. Terima kasih untuk semua kenangannya. Saya sudah mewujudkan impian saya" kata Vertonghen sebagaimana diwartakan AFP pada Sabtu.

Baca juga: Kevin De Bruyne Katakan Bodoh Usai Ditanya soal Generasi Emas Belgia

Sepanjang karirnya bersama timnas Belgia, Vertonghen yang kini masih memperkuat klub Anderlecht telah menyumbang 10 gol untuk timnas.

Ia juga terlibat dalam enam turnamen besar meliputi tiga Piala Eropa dan tiga Piala Dunia.

"Terima kasih untuk segalanya, Jan," tulis Asosiasi Sepak Bola Belgia di laman resmi mereka.

"Dari tempat latihan hingga lapangan, Anda menunjukkan kepada kami bagaimana rasanya menjadi pemain Belgia sejati. Kami akan merindukanmu, Jan," tambah peryataan itu.

Vertonghen memulai karier sepak bolanya bersama Ajax, menghabiskan delapan tahun bersama Spurs sebelum pindah ke Benfica, kemudian Anderlecht.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat