twins2010.com

Di Balik Lemparan Bola Fabio, Senjata Rahasia Garuda Muda

Pemain Timnas U16 Indonesia Fabio Azka Irawan saat akan melakukan lemparan jauh kedalam lapangan pada laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.
Lihat Foto

- Banyak cerita di balik gelaran Piala AFF U16 2024 yang telah selesai digelar. Salah satunya tentang pelatih fisik Sofie Imam Faizal yang menyempurnakan teknik lemparan jauh Fabio Azka Irawan hingga menjadi senjata rahasia Garuda Muda.

Fabio Azka menjadi pusat perhatian karena mempunyai kemampuan melakukan lemparan bola jarak jauh, seperti yang dimiliki pemain timnas senior Indonesia, Pratama Arhan.

Bahkan, lemparan Fabio berhasil membuahkan assist gol saat Indonesia mengalahkan Singapura 3-0 di babak penyisihan Grup Piala AFF U16 2024 lalu.

Selanjutnya, saat lawan Laos, ia melemparkan bola ke kotak penalti, ke Tristan Raissa, sebelum akhirnya disambar Josh Holong untuk mencetak gol ketiga Indonesia.

Baca juga: Nova Arianto Ingat Kata STY, Catatan untuk Timnas U16 Indonesia

Di balik kesuksesannya, ada latihan khusus yang diberikan oleh mantan pelatih fisik Sabah FA, itu. 

Ia mengungkapkan latihan pemain asal Tulang Bawang Lampung itu memang berbeda dari pemain-pemainnya. Sang pemain memang didesain menjadi senjata rahasia yang tidak diduga lawan.

“Pastinya kami latihan upper body dan selalu menyiapkan sebagai set piece oleh head coach,” kata Sofie Imam kepada .

“Dengan latihan strength upper body dan mengasah di saat latihan sebagai senjata set piece secara otomatis terlatih,” imbuhnya.

Baca juga: Timnas U16 Punya Target Jangka Panjang

Melakukan lemparan sangat jauh membutuhkan energi yang sangat besar. Jika tidak diimbangi dengan kualitas fisik dan stamina yang bagus, akan terjadi ketidakseimbangan di tengah permainan.

Ia cukup kagum Fabio telah memenuhi standar fisik yang dihadapkan olehnya. Karena itu, ia bisa memaksimalkan program latihan untuk menyempurnakan teknik lemparan jauh pemain kelahiran 29 Februari 2008 tersebut.

“Fisik secara aerobic dan anaerobic bagus dan masuk standar VO2Max di Timnas U16. Rata-rata jarak yang ditempuh tiap match 11.000 m lebih,” ujar mantan pelatih fisik Persis Solo itu.

“Berhubung Fabio punya lemparan yang bagus, saya memperkuat upper body Fabio agar tidak cedera saat berulang kali melempar bola,” sambungnya.

Pemain Timnas U16 Indonesia Fabio Azka Irawan saat bersiap untuk melakukan lemparan jauh kedalam lapangan pada laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore./SUCI RAHAYU Pemain Timnas U16 Indonesia Fabio Azka Irawan saat bersiap untuk melakukan lemparan jauh kedalam lapangan pada laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U16 2024 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 5-0 di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) sore.
Di sisi lain dengan berakhirnya gelaran Piala AFF U16 2024, timnas U16 Indonesia sudah dikembalikan ke klub dan keluarga masing-masing.

Sofie Imam pun sudah menyiapkan paket program latihan khusus kepada seluruh pemain, tidak terkecuali Fabio Aza.

Harapannya apa yang sudah dibangun dengan bagus di pemusatan latihan Timnas U16 Indonesia bisa dipertahankan. Hal ini mengingat bulan Oktober nanti Garuda Muda akan menjalani babak kualifikasi Piala Asia U17 2025.

“Semua pemain akan dapat latihan dan target dari saya untuk menjaga dan memperbaiki kekurangan secara fisik,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat