twins2010.com

Inggris ke Final Euro 2024, Bukti Southgate Cerdas soal Pergantian Pemain

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, berselebrasi seusai membawa Inggris menang atas Belanda dalam semifinal Euro 2024 di BVB Stadium Dortmund pada 10 Juli 2024.
Lihat Foto

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuktikan kecerdasannya saat membawa Tiga Singa menang atas Belanda.

Inggris berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Belanda dalam partai semifinal Piala Eropa atau Euro 2024.

Laga Belanda vs Inggris dalam semifinal Euro 2024 bergulir di BVB Stadion Dortmund, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Inggris sempat tertinggal dari Belanda via Xavi Simons (7’). Walau begitu, Inggris dapat menyamakan skor melalui penalti Harry Kane (18’).

Baca juga: Kisah Ollie Watkins Jadi Pahlawan Kemenangan Inggris

Selanjutnya, Inggris dan Belanda sempat mengalami kebuntuan sampai waktu babak kedua nyaris habis.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, membuat keputusan yang berdampak positif untuk Tiga Singa, yakni memasukkan Ollie Watkins dan Cole Palmer, pada menit ke-81.

Saat itu, Watkins masuk menggantikan Harry Kane, sedangkan Palmer menggantikan Phil Foden.

Ollie Watkins dan Cole Palmer memberikan dampak cepat untuk Inggris. Kedua pemain itu mampu membukukan gol kemenangan Inggris atas Belanda.

Gol bermula saat Palmer mengirimkan umpan kepada Watkins yang bergerak ke kotak penalti Belanda.

Baca juga: Watkins Usai Bawa Inggris ke Final Euro 2024: Luar Biasa, Butuh Kerja Keras

Ollie Watkins pun langsung melepaskan tembakan keras dari sisi kanan yang meluncur ke gawang Belanda.

Keputusan memasukkan Watkins dan Palmer membuktikan kecerdasan Southgate dalam melakukan pergantian pemain saat melawan Belanda.

Gareth Southgate mengungkapkan soal efektivitas pergantian pemain di Inggris saat melawan Belanda.

Menurut Southgate, dirinya sengaja memasukkan Watkins karena sang penyerang Aston Villa itu mampu memberikan energi baru ke Inggris.

“Terpenting adalah seluruh skuad siap untuk bermain. Dari segi energi, kami merasa kami mulai kehilangan tekanan, dan Kane cedera,” kata Southgate, dikutip dari laman resmi UEFA.

“Ollie dapat menekan dengan baik dan melakukan serangan balik. Kami merasa, ini saat yang tepat untuk mencobanya,” tutur dia.

Baca juga: Jadwal Final Euro 2024: Spanyol Vs Inggris, Laga Penentuan Juara

“Saya sangat senang Ollie dapat memanfaatkan momentumnya,” ungkap pelatih yang membawa Inggris dua kali ke final Euro itu.

Di lain sisi, gelandang Inggris, Jude Bellingham, tampak memberikan terima kasih kepada Ollie Watkins yang sudah menjadi seorang pahlawan bagi kemenangan Tiga Singa kontra Belanda.

"Ollie masuk dan memenangi laga. Kami sangat bersyukir karena saya tidak tahu apakah masih mempunyai tenaga (sampai tambahan waktu)," kata Bellingham.

"Saya sangat senang. Ia masuk dan memanfaatkan kesempatan, saya bangga. Seluruh tim mendukungnya, dia pahlawan dan telah menyelamatkan kami," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat