twins2010.com

Koeman Usai Belanda Gagal ke Final Euro: Sepak Bola Kian Hancur karena VAR

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, berbicara dengan Xavi Simons dalam semifinal Euro 2024 antara Belanda vs Inggris di BVB Stadium Dortmund pada 10 Juli 2024.
Lihat Foto

- Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan video assistant referee (VAR) telah "menghancurkan" sepak bola seusai timnya kalah dari Inggris pada semifinal Euro 2024.

Belanda harus menerima kenyataan takluk dari Inggris dengan skor 1-2 pada laga semifinal Piala Eropa 2024 di BVB Stadium Dortmund, Jerman, Rabu (10/7/2024) atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Skuad asuhan Ronald Koeman Belanda pada awalnya memimpin lebih dahulu lewat gol Xavi Simons (7’).

Akan tetapi, Belanda kemudian kebobolan dari Inggris lewat sepakan penalti Harry Kane (18’), yang dianggap kontroversial.

Baca juga: Kisah di Balik Gol Ollie Watkins ke Gawang Belanda, Siasat dengan Palmer

Asa Belanda untuk melaju ke final Euro 2024 lalu runtuh setelah Ollie Watkins mencetak gol penentu kemenangan Inggris pada menit ke-90+1.

Pemberian penalti untuk Inggris pada menit ke-18 menjadi sorotan Ronald Koeman.

Wasit meninjau VAR, lalu menilai pelanggaran terjadi, dilakukan bek Belanda Denzel Dumfries terhadap striker Inggris Harry Kane.

Wasit Felix Zwayer meninjau kejadian tersebut dan memberikan hadiah tendangan penalti untuk Inggris.

Baca juga: Luapan Kecewa Koeman Usai Belanda Disingkirkan Menyakitkan oleh Inggris

"Itu bukan penalti," kata pelatih Belanda, Koeman, seperti dikutip dari ESPN.

"Niatnya hanya untuk membendung tembakan. Harry Kane kemudian menembak dan kaki mereka bertabrakan," tuturnya.

"Sepak bola semakin hancur karena keputusan VAR seperti ini. Hukuman seperti ini tidak akan diberikan di Inggris," ucapnya.

"Apa yang harus Anda lakukan sebagai bek? Saya pikir wasit meniup peluit untuk banyak hal konyol, tetapi bukan itu alasan kami kalah," ucap Koeman.

Baca juga: Jadwal Final Euro dan Copa America 2024: Spanyol Vs Inggris, Argentina Vs Kolombia

Meski Belanda belum berhasil menembus final, Koeman mengaku bangga dengan permainan timnya dan yakin tentang masa depan Tim Oranye.

"Ada banyak masa depan di tim ini, katanya.

"Secara umum, saya sangat bangga. Saya suka bagaimana mereka memberikan sesuatu di setiap pertandingan. Kami memulai dengan baik, tetapi Inggris unggul di lini tengah dan kami harus mengubah keadaan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat